Cara Mengakses Mikrotik Pertama Kali



Kali ini kita akan membahas serial pembelajaran mikrotik, untuk kali pertama ini kita akan membahas bagaimana cara mengakses mikrotik untuk pertama kalinya. Artikel ini sangat bermanfaat bagi anda yang masih pemula dan baru pertama kali mengutak-atik mikrotik.
Bagi kalian yang beru mendengar istilah mikrotik, ada baiknya untuk membaca tulisan dibawah ini sebelumnya.
Untuk mengakses router mikrotik pertama kali, alat yang harus kamu siapkan diantaranya :
1. Kabel utp
2. laptop yang berfungsi untuk meremote
3. Routerboard Mikrotik
4. Aplikasi Winbox,untuk mendapatkan aplikasi ini bisa langsung kamu download pada situs resmi mkirotik di link berikut.

Pada prinsipnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengakses mikrotik, yakni
1. Menggunakan winbox
2. Menggunakan browser, atau dikenal dengan istilah webfig
3. Menggunakan telnet atau ssh
4. Menggunakan ftp
Untuk mengakses routerboard mikrotik pertama kali lebih disrankan menggunakan aplikasi winbox, karena secara default dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa mengakses routerboar mikrotik menggunakan mac address selain menggunakan ip address, sementara mengakses dengan cara lainnya seperti webfig atau telnet, mengharuskan sudah ada ip address yang terdapat pada interface mikrotik. Padahal kita tahu secara default, mikrotik yang baru biasanya belum ada seting ip yang melekat pada interfacenya.

Selanjutnya mari kita langsung merangkai kabel, router mikrotik dan laptop kalian seperti terlihat pada gambar.

1. Nyalakan routerboard, dengan cara menghubungkan kabel power dengan arus pln
2. Tancapkan salah satu ujung kabel UTP pada salah satu port yang terdapat pada router, dan satu lagi pada port ethernet pada laptop anda
3. Buka Aplikasi winbox
4. Kali ini kita akan mengkases router mikrotik melalui MAC address, sehingga tidak diperlukan pengaturan ip pada komputer remote.
5, Selanjutnya tekan tombol refress, pada winbox, sehingga akan tetlihat maac address dari port mikrotik yang terhubung langsung ke komputer kita.
6. Pilih MAC address yang terlihat lalu
7. Masukkan user default yakni "admin" dan passwordnya kosong,  lalu tekan connect
8. Akan muncul jendela interface menu mikrotik,dan juga muncul halaman penanda terdapat konfigurasi default pada mikrotik,
9. Untuk keperluan konfigurasi selanjutnya, saya sarankan anda menghilangkan semua konfigurasi default dengan jalan menekan tombol remove configurartion pada jendela tersebut.
10. Jika seandainya jendela diatas tidak muncul maka cara untuk menghilangkan konfigurasi adalah dengan menuju menu system-reset configuration, lalu centang no default coonfiguration
11. selanjutnya koneksi winbox ke router akan terputus karena router akan melakukan reboot, tunggu beberapa saat untuk kembali mengkases mikrotik, dnegna cara seperti no 1

Posting Komentar

0 Komentar