Konfigurasi Dasar Pada Router Cisco

Pada saat anda melakukan konfigurasi pada sebuah router cisco, ada beberapa konfigurasi dasar yang perlu dilakukan atau yang biasa dikenal dengan istilah basic config. Basic config atau setingan dasar ini dilakukan untuk memberikan identitas pada sebuah router dan memberikan pengamanan akses pada sebuah router.
Sebelum membahas basic config pada router cisco, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu beberapa level akses pada sebuah router cisco. Level akses yang dimaksud terdiri dari :
1. User exec mode
2. Priviladge exec mode

Perbedaan Level User Exec Mode dan Priviladge Exec
Sebagai mana umumnya kita ketahui bahwa dalam mekanisme user atau pengguna pada sistem operasi, terdapat beberapa level, Pada Cisco IOS juga terdapat level, yakni user exec mode yang biasanya kita sebat dengan general user dan priviladge exec yang biasa kita kenal sebagai super user pada sistem operasi lainnya.
Pada mode ini, user hanya diperkenankan untuk mengakses perintah-perintah dasar monitoring. Sementara pada mode priviladge exec mode user diperkenankan mengakses semua perintah router tanpa terkecuali. Level Privilage exec mode daapt diproteksi agar hanya orang tertentu yang dapat mengakses atau hanya dengan cara tertentu router dapat diakses. User exec mode adalah mode akses paling pertama yang kita jumpai pada saat mengakses router atau switc, selanjutnya untuk berpindah ke mode Priviladge exec, gunakan perintah enable, sementara untuk kembali lagi ke user exec gunakan perintah disable.
User exec mode dapat dikenali dari jenis promtnya sebagai berikut
router$
Sementara Priviladge Exec mode dapat dikenali dari promptnye sebagai berikut
router# 
Dari level priviladge exec ini kita dapat mengakses mode perintah diataranya global configuration mode, interface configuration mode, subinterdface configuration mode, router configuration mode dan line configuration mode.

Panduan konfigurasi dasa router cisco
Selanjutnya kita akan masuk kepada pembahasan mengenai basic config atau setingan dasar pada router cisco.
Memberi Nama Host
Basic config yang pertama yang akan umumnya kita lakukan adalah pemberian nama. Bisa anda bayangkan jika pada jaringan anda terdapat banyak router, maka tentunya persoalan yang muncul pertama kali bagaimana cara mengidentifikasi setiap routernya, karena itu pemberian nama atau hostname menjeadi sangat penting. Untuk memberi nama atau hostname yaitu dengan perintah sebagai berikut
router(configure)#hostname RouterMedan
perhatikan kembali level pengguna pada perintah diatas, pemberian nama atau hostname pada perangkat router atau switch cisco hanya dapat dilakukan pada menu global configuration mode. Untuk masuk ke menu global configuration mode, cara lengkap seperti dibawah ini
router$enable
router#configure terminal
 router(configure)#hostname RouterMedan
 



Posting Komentar

0 Komentar